Artikel

Studi Ungkap Sumber Tak Masuk Akal Media Barat Soal Penahanan Uyghur di Xinjiang

China – Tuduhan bahwa China telah menahan jutaan orang Uyghur di Daerah Otonomi Uyghur Xinjiang, berasal dari penelitian dan sumber yang tidak dapat dipercaya yang didukung oleh pemerintah AS. Tuduhan ini menurut studi Grayzon, dibuat berdasarkan pada metodologi yang buruk dan karya-karya peneliti sayap kanan anti-China dan anti-komunis.

“Klaim bahwa China telah menahan jutaan etnis Uyghur di wilayah Xinjiangnya diulang dengan frekuensi yang semakin meningkat, tetapi dengan hanya sedikit penelitian yang pernah dilakukan. Jika melihat lebih dekat pada angkanya dan bagaimana angka itu diperoleh maka akan terungkap kekurangan serius dalam data,” bunyi Artikel Grayzone diterbitkan pada hari Sabtu (28/12) kemarin.

Baca: Dina Sulaeman: Kenapa Pemerintah RI Tak Dukung Uighur Tapi Dukung Rohingya-Palestina?

Sementara jumlah “jutaan” orang yang selama ini disebarluaskan oleh Barat seolah otentik, sebuah penelitian mendalam menunjukkan bahwa penyebutan jumlah itu hanya didasarkan pada dua “studi” yang sangat meragukan.

Jul 4, 2022

Studi pertama dilakukan oleh Jaringan Pembela Hak Asasi Manusia Tiongkok (CHRD), sebuah LSM yang berbasis di Washington DC yang didukung oleh pemerintah AS. Sosok “jutaan orang yang ditahan” pertama kali dipopulerkan oleh CHRD dalam laporan tahun 2018 yang disampaikan kepada Komite PBB tentang Penghapusan Diskriminasi Rasial, yang sering diberitakan di media Barat sebagai laporan yang ditulis oleh PBB.

Baca: Wartawan Turki Ungkap Isu Kamp Penyiksaan di Uighur Adalah Propaganda Teroris

Perhitungan yang meragukan

Penulis dan pengacara di Kanada, Ajit Singh dan editor Grayzone, Max Blumenthal, menulis dalam artikel Grayzone, bahwa sementara CHRD menyatakan telah mewawancarai puluhan orang Uyghur selama studi mereka, perkiraan tentang jumlah fantastis ini ternyata didasarkan pada wawancara hanya dengan delapan orang Uyghur saja.

“Berdasarkan sampel kecil subjek penelitian di daerah yang jumlah populasinya adalah 20 juta itu, CHRD memperkirakan bahwa setidaknya 10 persen penduduk desa ditahan di kamp-kamp reedukasi, dan 20 persennya dipaksa untuk dating ke kamp itu siang/malam di desa-desa atau kota-kota. Jadi seluruhnya berjumlah 30 persen di kedua jenis kamp.

Baca: Denny Siregar: Isu Uighur Propaganda AS dan Kadrun Indonesia Serang NU-Muhammadiyah

Jika perkiraan ini diterapkan untuk keseluruhan Xinjiang, CHRD tiba di angka yang disampaikan kepada PBB mengklaim bahwa satu juta orang etnis Uyghur telah “ditahan di kamp-kamp penahanan pendidikan ulang” dan dua juta lainnya telah “dipaksa untuk menghadiri sesi pendidikan ulang malam

“Kamp-kamp” yang diklaim CHRD sebenarnya adalah pusat pendidikan dan pelatihan yang menggunakan model sekolah asrama yang membolehkan peserta pelatihan untuk pulang ke rumah mereka secara teratur dan untuk menghadiri urusan pribadi.

Grayzone sendiri sebelumnya melaporkan bahwa CHRD menerima dukungan finansial yang signifikan dari National Endowment for Democracy (NED). NED adalah yayasan AS yang didukung CIA yang diyakini telah memainkan peran penting dalam perubahan rezim yang tak terhitung di seluruh dunia.

Peneliti sayap kanan

Studi kedua, seperti yang ditemukan Grayzone, mengandalkan laporan media yang lemah dan spekulasi. Studi ini ditulis oleh Adrian Zenz, seorang rekan senior dalam studi China di Yayasan Peringatan Korban Komunisme sayap kanan, yang didirikan oleh pemerintah AS pada tahun 1983.

“Seperti CHRD, Zenz tiba di angka perkiraan ‘lebih dari 1 juta’ menggunakan metodologi yang meragukan. Dia mendasarkannya pada satu laporan oleh Istiqlal TV, sebuah organisasi media pengasingan Uyghur yang berbasis di Turki, yang diterbitkan ulang oleh Newsweek Jepang,” Singh dan Blumenthal berkata.

Baca: Dina Sulaeman: Kupas Tuntas Propaganda Berita Miring Uighur

“Jauh dari organisasi jurnalistik yang tidak memihak, Istiqlal TV mengedepankan perjuangan separatis saat menjadi tuan rumah bagi bermacam-macam tokoh ekstremis.” Seorang tamu yang kerap muncul di Istiqlal TV adalah Abdulkadir Yapuquan, pemimpin kelompok teroris Gerakan Turkistan Islam (ETIM).

Menurut penelitian Grayzone, Zenz juga mencoba untuk membenarkan perkiraannya dengan mengutip laporan dari Radio Free Asia, sebuah kantor berita yang didanai AS yang dibuat oleh CIA selama Perang Dingin untuk memuntahkan propaganda melawan China.

Dalam sebuah wawancara pada bulan November 2019 dengan Radio Free Asia, Zenz bahkan menggelembungkan angka 1 juta dengan mengklaim China menahan 1,8 juta orang.

Dalam sebuah wawancara eksklusif dengan Global Times, juru bicara Daerah Otonomi Xinjiang Uyghur di Tiongkok Barat Laut mengatakan bahwa beberapa “ahli”, termasuk Zenz, sebenarnya bekerja untuk badan intelijen AS, dan mereka bekerja sama dengan pasukan anti-China di AS untuk mengotori kebijakan China soal Xinjiang.

“Dengan berlagak seperti ahli, mereka membuat pernyataan tak berdasar dan memfitnah kebijakan Xinjiang China sebanyak mungkin, dengan tujuan untuk menciptakan pasukan anti-China di AS. Apa yang mereka lakukan adalah di luar lingkup akademik tapi menggunakan penelitian akademis sebagai kedok, mereka memfitnah dan menjelek-jelekkan China, yang juga merupakan trik lama yang digunakan AS,” tambah juru bicara itu. “Klaim 1 juta penahanan itu omong kosong dan diambil dari ketiadaan.”

Pencarian profil Twitter Zenz tidak menghasilkan tweet mengenai kebangkitan Islamofobia di Barat, maupun perang AS dan serangan drone terhadap negara-negara mayoritas Muslim. Satu-satunya Tweet oleh Zenz tentang Muslim yang tidak terkait dengan China adalah penolakan standar ganda dalam menilai kekerasan ketika dilakukan oleh orang kulit putih yang bukan Muslim.

Dalam laporan terpisah pada Agustus 2018 oleh Blumenthal, ia mengatakan bahwa Washington ingin menekan China dan mendorong AS untuk memicu konflik dengan China. Ia berbicara dengan ketua World Uyghur Congress (WUC) Omer Kanat, yang menuai banyak pujian karena memberikan banyak laporan tentang dugaan kamp-kamp pengasingan di media Barat.

Dalam laporan itu, Blumenthal mencatat bahwa Kanat mengatakan kepadanya lebih dari “1 juta orang” berada di kamp-kamp di Xinjiang dan bahwa angka itu dilaporkan oleh beberapa media Barat. Kanat juga menyatakan bahwa WUC menawarkan lebih banyak informasi tentang pusat pelatihan di Xinjiang kepada pemerintah AS dan media Barat

Dalam sebuah wawancara dengan Süddeutsche Zeitung, Dolkun Isa, pemimpin WUC, mengakui bahwa mereka bertujuan untuk memberikan lebih banyak tekanan pada China dan memaksa perusahaan-perusahaan Barat untuk mundur dari Xinjiang.

Jul 4, 2022

“Apa yang terjadi di Xinjiang hari ini harus dilihat dalam konteks apa yang telah terjadi di seluruh Asia Tengah,” demikian bunyi sebuah laporan Workers World pada 18 Desember.

Xinjiang adalah pusat logistik utama untuk Inisiatif Sabuk dan Jalan ambisius China. Xinjiang adalah pintu gerbang ke Asia Tengah dan Barat, serta ke pasar Eropa. “Pemerintah AS sangat memusuhi proyek pembangunan ekonomi yang luas ini dan melakukan semua yang dapat dilakukan untuk menyabotase rencana China. Kampanye ini adalah bagian dari ‘Pivot to Asia,’ militer AS, bersama dengan ancaman angkatan laut di Laut China Selatan dan dukungan untuk gerakan separatis di Hong Kong, Taiwan dan Tibet. (ARN)

*Artikel ini diambil dari globaltimes.cn

Comments
To Top
%d blogger menyukai ini: